Program Kemitraan

Program Kemitraan

Sebagai BUMN yang berada di tengah-tengah masyarakat, Perseroan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan bantuan di bidang kewirausahaan sehingga usaha kecil dapat berkembang menjadi usaha menengah dan besar. Perseroan turut andil dalam mengembangkan perekonomian masyarakat dalam kerangka program kemitraan (“PK”) melalui tiga cara :

  1. Pemberian pinjaman untuk membiayai modal kerja dan/atau pembelian aset tetap dalam rangka meingkatkan produksi dan penjualan.
  2. Pinjaman tambahan untuk membiayai kebutuhan yang bersifat jangka pendek untuk memenuhi pesanan dari rekanan usaha mitra binaan.
  3. Program pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) mitra binaan dalam bentuk bantuan pendidikan/pelatihan, pemagangan, dan promosi.

Sejak tahun 2010 Perseroan bekerja sama dengan PT Bahana Artha Ventura menyalurkan dana PK melalui Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD). Total penyaluran dana PK sejak tahun 2010 telah mencapai lebih dari Rp78.000.000.000,- (tujuh puluh delapan miliar Rupiah). Pada tahun 2019, dana PK disalurkan melalui empat PMVD yaitu PT Sarana Sumbar Ventura, PT Sarana Lampung Ventura, PT Sarana Surakarta Ventura, dan PT Sarana Jatim Ventura